Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Apakah cara menjaga kesehatan untuk anak kos itu perlu? Menurut berbagai pendapat yang berkembang di lingkungan kampus. Entah bagaimana mulanya, anak kos mempunyai tingkat imun yang jauh lebih tinggi daripada anak rumahan. Sebab anak kos umumnya, bisa hidup di mana saja. Dapat menahan lapar sampai beberapa hari. Dan mampu tidur sekaligus menyembuhkan diri sendiri.

Meski kamu yang anak kos punya daya tahan luar biasa di atas rata-rata manusia normal. Kamu masih bisa terkena berbagai penyakit. Berikut sudah kami rangkum bagaimana menjaga kesehatan jika kamu adalah anak kos.

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Khusus Anak Kos

Anak kos yang tengah menempuh studi di kampus atau bekerja di suatu tempat. Mengharuskan ia untuk senantiasa mandiri. Kamu yang mengalami hal tersebut, wajib membaca dan menerapkan hal-hal di bawah ini.

5 Tips Menjaga Kesehatan di Kamar Kos
5 Tips Menjaga Kesehatan di Kamar Kos

1. Jaga Pola Tidur, Tidak Harus 8 Jam Namun Wajib Teratur

Cara menjaga kesehatan untuk anak kos atau anak rantauan yang pertama berkaitan dengan pola tidur. Ya, kami memahami bahwa banyaknya tugas atau pekerjaan, menjadikan jadwal tidur kamu berantakan. Bahkan sering terbalik antara siang dan malam, siang tidur malamnya lembur sampai pagi.

Kebiasaan ini sebaiknya kamu ubah, yaitu agar jadwal tidur menjadi teratur. Misalnya, kamu harus tidur jika sudah pukul 11 malam, dan bangun sebelum pukul 5 pagi. Maka pada jam tersebut, biasakan diri untuk tidur. Tubuh akan mengikuti kebiasaan kamu dan beradaptasi untuk performa terbaik menjalani hari.

2. Makan Tidak Perlu 3x Sehari, Tetapi Pagi Mesti Sarapan

Versi anak kos, dapat makan kapan saja dan menahan lapar berhari-hari. Kekuatan ini memang hanya dimiliki oleh anak kos semata. Namun kalau terus berlanjut, bisa menjadi hal buruk pada masa tua nantinya. Kamu wajib sarapan, entah siang dan malam makan lagi atau tidak. Yang penting pagi makan dan minum air yang cukup.

3. Menjauhi Miras untuk Hidup Lebih Maksimal

Sebagaimana kita tahu, miras merupakan minuman yang bisa mengakibatkan hal-hal buruk jika berlebihan. Kesenangan sesaat namun dampaknya jangka panjangnya luar biasa buruk. Alih-alih membeli miras, lebih baik waktu dan uang kamu gunakan untuk membeli dan membaca buku saja.

Kamu menjadi lebih cerdas, mendapat pengetahuan lebih luas tentang apa yang kamu sukai. Produktivitas semacam ini sangat penting untuk perkembangan kamu. Meski begitu harus kamu barengi dengan kemauan dan niat kuat di awal.

4. Menjauh dari Lingkungan Toxic, Jaga Kesehatan Mental Kamu

Selain menjaga kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu kamu perhatikan. Justru berbagai penyakit kebanyakan datang dari pikiran overthinking atau batin yang tertekan. Lingkungan membawa pengaruh yang luar biasa dan masif untukmu. Terlebih lingkungan toxic yang hanya menambah beban pikiran saja.

5. Kebersihan, Jangan Biarkan Pakaian Kotor Menumpuk di Pojok Kamar

Kesehatan anak kos sebenarnya sudah tuntas jika kamu bisa menjaga kebersihan kamar. Terlebih kalau kamu ngekos sendiri, kebebasan yang belum pernah kamu rasakan, membuat kamu merasa ingin melakukan apa saja sesuka hati. Contohnya saja pakaian kotor bekas pakai, jangan biarkan menumpuk di pojokan kamar.

Berbagai kotoran di kamar dapat memicu datangnya kecoa, semut, bakteri berbahaya, ular, dan omelan tetangga atau pacar kamu. Menerapkan cara menjaga kesehatan khusus anak kos di atas akan membuat kamu terhindar dari malapetaka!

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani