5 Prinsip Mencari Teman dan Menjaga Hubungan Pertemanan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Dengan menerapkan prinsip mencari teman sekaligus menjaga hubungan pertemanan, kamu akan merasakan nikmatnya hubungan berkualitas dengan teman kamu. Hubungan yang saling mendukung, saling membantu, dan pengertian satu dengan lainnya.

Lebih jauh lagi, teman tersebut dapat menjadi sahabat yang lebih dekat dengan kamu. Apalagi kalau kamu berada di lingkungan baru, misalnya ngekos sendiri di kota orang. Yang notabene mesti beradaptasi dengan mencari teman baru yang memberi dampak positif.

Prinsip Mencari Teman dan Menjaga Hubungan

Bukan tidak mungkin, teman baru membawa dampak negatif. Lingkungan punya andil terhadap perilaku dan tindakan yang kamu lakukan. Oleh karena itulah, kalau berada di tempat baru harus punya prinsip yang kamu pegang erat. Berikut ini beberapa prinsip dalam pertemanan yang akan membantu!

5 Prinsip Mencari Teman dan Menjaga Hubungan Pertemanan

1. Jangan Memaksa pada Hal Buruk yang Membuat Teman Tidak Nyaman

Prinsip mencari teman yang pertama adalah jangan memaksa. Biarkan semua berjalan, mengalir apa adanya. Tunjukkan diri kamu secara jujur, tidak perlu memaksa sesuatu pun yang membuat teman baru merasa tidak nyaman.

2. Selektif dalam Hubungan Pertemanan yang Lebih Dalam

Prinsip pertemanan di tempat kerja yang penting kamu perhatikan adalah sikap selektif. Sikap ini bukan berarti menolak berteman, tetapi menjaga pertemanan agar tidak terlalu dalam pada orang yang merugikan.

Misalnya, kamu mengetahui bahwa orang tersebut punya kebiasaan buruk. Kita tetap bisa berkomunikasi secara profesional di tempat kerja, terlepas dari itu batasi komunikasi kamu. Jaga jarak! Sikap selektif ini akan menyelamatkan hidup kamu ke depan nanti.

3. Selalu Membahagiakan Teman Bukan Tanggung Jawab Kamu

Tidak sedikit orang yang baru mendapatkan teman, mereka menganggap bahwa harus membahagiakan teman. Padahal, bahagia atau sedih teman tersebut sama sekali bukan tanggung jawab kamu. Jangan terjun ke dalam kehidupan orang terlalu dalam, apalagi kalau statusnya baru kenalan.

Di sisi lain, sikap yang sebaiknya kamu tunjukkan adalah netral. Jika kesusahan dan kesedihan yang dialami teman bersumber dari kamu, itu lain cerita. Prinsip mencari teman jangan menjadi sumber kesedihan mereka.

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Sebagai prinsip menjalin hubungan pertemanan yang baik, jadilah pendengar bagi mereka. Alih-alih mengurusi semua hal dalam kehidupan teman, lebih baik kamu menjadi pendengar. Dengan cara ini, kamu masih tetap menjaga hubungan, tanpa ikut campur pada hal-hal pribadi.

Kalau kamu sudah memperoleh kepercayaan sebagai pendengar teman, jangan sampai membocorkan apapun ceritanya kepada orang lain. Simpan dalam-dalam ceritanya, anggap ia tidak pernah cerita apa-apa.

5. Jangan Lelah Bersabar

Hal berikutnya berkaitan dengan kesabaran, jangan lelah bersabar. Serta jangan mudah tersulut emosi. Contoh kejadiannya, ketika berkumpul dengan teman baru, ada pembicaraan yang membuat perasaan kamu tersinggung. Kamu cukup tersenyum dan menganggap tidak apa-apa, sekaligus menandai orang yang menyulut pembicaraan menyinggung tadi.

Lantas, jangan lagi berkumpul terlalu sering dengan orang yang membawa pengaruh buruk demikian. Sebagai tambahan, hindari orang yang suka membicarakan keburukan orang lain. Jika orang itu sedang tidak bersama kamu, kemungkinan besar yang menjadi bahan pembicaraan adalah kamu.

Itulah beberapa prinsip yang sebaiknya kamu pegang dalam memulai dan menjaga hubungan pertemanan. Setiap orang pasti punya prinsip mencari teman masing-masing, tergantung tujuannya untuk apa. Namun, setiap tujuan yang paling baik adalah tujuan yang paling tulus!

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani