Perbedaan Hostel, Hotel, dan Motel Jangan Sampai Salah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Perbedaan hostel, hotel, dan motel berada pada sisi tertentu. Ketiga istilah tersebut sebenarnya populer di luar negeri, namun di Indonesia yang sudah tidak asing pastinya hotel. Padahal hostel dan motel juga menjadi akomodasi penginapan yang banyak peminatnya.

Berikut ini merupakan penjelasan antara hostel, hotel, dan motel. Apa saja yang membedakannya dan bagaimana karakteristiknya? Kamu bisa memilih penginapan idaman yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, beberapa penginapan memberi fasilitas yang beragam untuk harga bervariatif.

Mengenal Perbedaan Hostel, Hotel, dan Motel dari Pengertian

Hostel adalah penginapan di mana kamu menyewa tempat tidur. Sehingga, dalam satu ruangan terdapat beberapa ranjang sekaligus. Melihat pengertian ini, hostel lebih spesifik daripada kamar kos. Kamu hanya menyewa tempat tidur di hostel. Jadi, konsep kostel seperti sebuah asrama dengan beberapa ranjang susun di sana.

Hotel adalah penginapan yang populer di Indonesia, umumnya berbentuk bangunan besar yang tersusun dari banyak kamar. Dalam hotel, kamu bisa menyewa 1 jenis kamar berdasarkan tingkatan fasilitas yang ada. Semakin lengkap fasilitas dan semakin tinggi kelasnya, maka semakin mahal biaya sewa hotel.

Pengertian motel (motor hotel) adalah penginapan yang cepat, fleksibel, dan umumnya berada di pinggir jalan raya. Maka dari itulah, motel menjadi akomodasi penginapan andalan untuk orang yang tengah bepergian. Akses parkir motel sangat mudah, berbeda dengan hotel yang mesti masuk ke dalam.

Perbedaan Hostel, Hotel, dan Motel dari Harga Sewa

Berbicara tentang mahal atau murah harga sewa, tentu saja secara umum hostel yang paling murah. Sebab di penginapan ini, kamu hanya menyewa 1 ranjang tidur, di mana dalam 1 kamar terdapat beberapa ranjang secara bersamaan. Hostel cocok untuk kamu yang pergi rombongan tetapi tidak mau pisah kamar.

Harga termurah berikutnya adalah motel, penginapan yang ringkas dan cepat. Di Indonesia sendiri, motel banyak kita jumpai di sekitar jalan raya kota besar. Sistem sewa motel sejatinya sama dengan hotel, karena motel merupakan hotel versi lite.

Hotel menempati urutan harga sewa paling mahal di antara hostel dan motel. Pasalnya, hotel juga memiliki kelas kamar tersendiri. Mulai dari yang standar sampai eksklusif dengan fasilitas paling lengkap. Akomodasi penginapan di hotel bisa kamu pakai baik untuk liburan bahkan urusan pribadi seperti honeymoon.

Jenis Akomodasi Penginapan yang Lain

Perbedaan Hostel, Hotel, dan Motel Jangan Sampai Salah

Berdasarkan perbedaan hostel, hotel, dan motel di atas. Setidaknya kita mempunyai gambaran tentang ketiganya. Meski begitu tetap saja ini maupun motel masih kalah pamor dengan hotel di Indonesia. Namun apakah kamu tahu bahwa ada banyak akomodasi penginapan lain yang masih diminati banyak masyarakat?

1. Homestay, mirip rumah pribadi yang umumnya untuk wisatawan/rombongan dan sudah include dalam paket liburan;

2. Resort, hotel yang menawarkan fasilitas lebih luas dan lengkap, seperti adanya ruangan terbuka di sana;

3. Guest house, adalah rumah pribadi yang sengaja disewakan sebagian oleh pemiliknya. Namun sang pemilik masih tinggal di sana untuk melayani tamu;

4. Villa, bangunan besar dan luas yang bisa kamu sewa, biasanya berada di sekitar tempat wisata alam yang punya nuansa ketenangan;

5. Kos eksklusif, kamar kos umumnya namun mempunyai fasilitas yang jauh lebih lengkap.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan hostel dan hotel serta motel berdasarkan pengertian, fasilitasnya, maupun harga sewa. Hostel lebih merujuk pada ranjang (seperti asrama), motel di pinggir jalan raya, dan hotel yang paling umum seperti yang kita kenal sekarang.

Dapatkan pengalaman menginap di tempat tinggal mewah ramah hanya di Dzawani. Temukan kami di sosial media Instagram, Youtube, Tiktok, Website.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani