6 Manfaat Minuman Khas Jogja Wedang Uwuh

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Selain gudeg sebagai makanan khas, wedang uwuh adalah minuman khas Jogja yang sama-sama populernya. Menikmati sajian makanan tradisional ditambah dengan minuman tradisional atau jamu, akan memberi kenikmatan sekaligus manfaat untuk kesehatan.

Sudah cukup banyak penelitian tentang manfaat minuman ini. Beberapa bahan dalam racikan wedang uwuh mempunyai senyawa yang baik, antara lain jahe merah, kayu manis, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, bagi mahasiswa Jogja maupun pekerja Jogja, mengembalikan energi dan menjaga kesehatan bisa kamu lakukan dengan cara yang nikmat. Yaitu dengan minum wedang uwuh!

Minuman Khas Jogja Wedang Uwuh Punya Banyak Manfaat

Di masa sekarang, ada kemasan sachet wedang uwuh dengan harga mulai 800 perak saja. Namun, kalau kamu ingin merasakan yang benar-benar khas Jogja, kamu bisa mengunjungi wisata kuliner di sana. Pastinya tersedia wedang uwuh dengan harga terjangkau di bawah 10 ribu, menggunakan racikan khas untuk memperoleh semua manfaat kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat wedang uwuh tersebut? Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam minuman khas ini yang sudah Dzawani Kost rangkum dari Jogjaprov.go.id.

Manfaat Minuman Khas Jogja Wedang Uwuh

1. Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Darah

Minuman wedang uwuh Jogja mampu menurunkan kadar asam urat, yaitu dari kandungan jahe merah sebagai salah satu bahan racikannya. Hal ini bahkan dirilis secara resmi oleh Kementerian Kesehatan RI, yang mana jahe merah adalah salah satu tanaman herbal yang efektif mengatasi asam urat. Wah, sudah hangat dan nikmat, ternyata punya manfaat hebat untuk kesehatan kita.

2. Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat wedang uwuh berikutnya mampu mencegah terjadinya serangan jantung. Lagi-lagi, dalam racikan minuman khas Jogja ini, ada kayu manis. Di mana kayu manis punya senyawa yang sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung mendadak. Bayangkan minum wedang uwuh sambil melihat suasana Jalan Malioboro, pasti nikmatnya dobel-dobel ya.

3. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Berikutnya, bahwa bahan serai dalam wedang uwuh menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sehingga, manfaat untuk manusia adalah mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan.

4. Meningkatkan Sistem Imun dan Kekebalan Tubuh

Dalam wedang uwuh juga ada bahan kapulaga, di mana bahan ini bisa meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Kapulaga mampu melawan bakteri dan virus berbahaya, maka kamu yang meminum wedang uwuh bisa lebih sehat dan kebal terhadap paparan penyakit.

5. Obat Batuk dan Pilek Tradisional

Tidak hanya berhenti di sana saja, bahan gula batu yang membuat wedang uwuh ada rasa manisnya, ternyata punya manfaat untuk kesehatan. Gula batu dipercaya mampu membuat tenang rongga mulut, menurunkan lendir, dan mengurangi gejala batuk. Jadi, kamu yang sedang batuk dan pilek, bisa mencoba minum wedang uwuh sebagai jamu tradisional.

6. Minuman Khas Jogja sebagai Anti Inflamasi

Sebagai manfaat yang lebih serius, ternyata minuman yang murah ini punya manfaat yang sangat besar. Wedang uwuh sebagai minuman anti inflamasi, di mana fungsinya mencegah inflamasi. Tanda-tanda inflamasi antara lain: kemerahan, panas, bengkak, nyeri, sampai hilangnya fungsi tertentu.

Wah, minuman yang terjangkau ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan ya. Itulah beberapa daftar manfaat minuman khas Jogja wedang uwuh. Apakah kamu sudah pernah minum wedang uwuh? Rasa yang unik, enak, sekaligus bikin hangat badan akan langsung kamu rasakan ketika meminumnya.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani