Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Manajemen waktu yang baik merupakan hal sangat penting dalam kehidupan. Buktinya, tidak sedikit pepatah yang memberi nasihat tentang memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Seringkali seseorang tidak menyadari waktu luangnya, sebelum waktu tersebut hilang.

Langkah pertama adalah dengan menyadari seberapa banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan positif dan produktif. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah melakukan manajemen yang baik di bawah ini.

7 Langkah Manajemen Waktu yang Baik

1. Menetapkan Tujuan dengan Benar

Bagi mahasiswa maupun pekerja, sesuaikan dengan tujuan kamu masing-masing. Susun apa yang ingin kamu raih dengan jelas. Hal ini sebagai langkah dasar sebagai fondasi menentukan manajemen waktu yang baik.

Kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu dan pikiran untuk membuat tujuan prioritas ini. Membuat daftar to do list pada hari ini akan memberi gambaran secara luas, bagaimana manajemen yang baik mengatur waktu agar optimal.

2. Prioritaskan Sesuatu dengan Bijak

Strategi manajemen waktu berikutnya dengan memprioritaskan suatu hal dengan bijak. Bukan berdasarkan keinginan atau mood semata, melainkan dari kebutuhannya apakah benar atau tidak. Dari sini kamu wajib belajar bagaimana cara mengontrol ego sendiri.

Waktu yang kita habiskan untuk hobi, tentunya lebih menyenangkan daripada waktu untuk belajar. Namun, apakah hobi yang kita lakukan memberi manfaat sebagaimana saat kita belajar? Seberapa besar risiko tidak belajar daripada risiko tidak melakukan hobi tersebut?

3. Menentukan Batas Waktu untuk Menyelesaikan Tugas

Selanjutnya, tentukan juga batas maksimal untuk menyelesaikan sebuah tugas yang sebelumnya sudah kamu susun. Contohnya, pada waktu awal tugas paling prioritas adalah menyelesaikan 1 proyek editing video. Jangan biarkan ada distraksi atau gangguan yang menghambat proses mengerjakan proyek tersebut.

4. Istirahat di Sela Tugas

Meskipun punya jadwal yang cukup padat, jangan lupakan istirahat di sela tugas. Istirahat juga bagian langkah dari cara mengelola waktu yang baik. Misalnya, kamu dapat menerapkan prinsip pembagian waktu dengan pomodoro technique.

Inti dari pomodoro technique adalah, belajar/kerja 25 menit, istirahat 5 menit, setelah 4x 25 menit, ambil istirahat lebih lama, misalnya 15 menit. Cara ini bisa memberi waktu yang lebih rileks untuk aktivitas, sekaligus tidak melupakan istirahat di sela tugas.

5. Manajemen Waktu yang Baik dengan Mengatur Diri Kamu!

Selain dari faktor luar, kamu wajib mengontrol faktor dari dalam diri sebagai bentuk manajemen waktu. Contoh sederhananya, ketika ada teman yang mengajak nongkrong di tengah pembagian waktu kerja. Kamu harus bisa menolaknya, meskipun nongkrong jauh lebih enak daripada bekerja.

6. Cara Manajemen Waktu yang Baik dengan Menghilangkan Aktivitas Tidak Penting

Selanjutnya, hilangkan aktivitas yang tidak memberi kontribusi pada penyelesaian tugas. Hal-hal yang tidak penting, atau tidak masuk dalam to do list prioritas kamu, sebaiknya kamu abaikan. Inilah salah satu alasan yang membuat manajemen waktu hanya bisa dilakukan oleh orang yang kuat.

7. Buat Rencana Lagi untuk Hari Berikutnya

Langkah terakhir adalah dengan membuat rencana manajemen pada hari berikutnya. Pastikan semua tugas (task) yang kamu buat hari ini sudah selesai semuanya. Melihat manajemen yang kita buat sukses dan lancar, ini akan memberi kepuasan tersendiri.

Kepuasaan bahwa kamu dapat mengalahkan nafsu dan ego. Serta kepuasan karena berhasil mencapai tujuan sesuai dengan rencana. Sekian langkah manajemen waktu yang baik yang bisa kamu terapkan dari langkah pertama sampai ketujuh.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani