5 Hal Penting Menginap di Hotel Syariah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Sebelum menginap di hotel syariah, berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Secara umum, jenis hotel di Indonesia dari garis besar dan konsepnya ada 2; konvensional dan syariah. Perbedaan hotel biasa dan syariah terletak pada prinsip yang digunakan.

Hotel konvensional tidak menggunakan prinsip syariah, sesuai dengan namanya hotel syariah, tentu memakai prinsip syariah dalam operasinya.

Oleh sebab itulah, syarat menginap di hotel dengan prinsip syariah ada lebih banyak daripada konvensional. Meski begitu, hotel syariah umumnya lebih murah biaya sewanya daripada konvensional, serta lengkap dengan sarana maupun prasarana ibadah.

Berikut merupakan beberapa hal penting sebelum kamu menginap di hotel syariah.

1. Tidak Boleh Menginap di Hotel bersama Pacar

Hal pertama dan yang paling umum ditanyakan adalah menginap bersama pacar. Kamu tidak boleh menginap dengan pasangan yang belum resmi secara agama maupun negara. Jadi, syarat untuk menginap di hotel syariah untuk menunjukkan bukti bahwa pasangan kamu sudah resmi.

Aturan ini merupakan hal utama yang membedakan dengan hotel konvensional. Kamu wajib membawa bukti menikah seperti surat nikah, KTP, buku nikah, atau bukti lain dalam bentuk foto, video, dan dokumentasi yang lain. Hal serupa juga berlaku jika kamu menginap di kamar kost dengan prinsip syariah!

2. Menginap di Hotel Syariah Semua Makanan Halal

Berdasarkan Fatwa MUI DSN-MUI 108/2016, syarat untuk menjadikan hotel syariah salah satunya menyediakan makanan maupun minuman dengan label halal. Dengan menginap di hotel jenis ini, kamu tidak perlu khawatir ada daging babi, minuman keras, atau lainnya yang dilarang oleh agama Islam.

3. Memanfaatkan Fasilitas Ibadah Lebih Mudah

Umumnya, setiap kamar yang ada di dalam hotel syariah tersedia tempat untuk bersuci dan ibadah. Lebih jauh lagi, terdapat kitab suci Al-Qur’an pada tiap kamar. Dengan sarana dan prasarana ibadah tersebut, kamu akan lebih mudah menunaikan melaksanakan ibadah di kamar.

4. Bisa Bayar dengan Sistem Pembayaran Syariah

Hal penting berikutnya tentang sistem pembayaran hotel. Yang mana dalam hotel syariah berdasarkan Fatwa MUI, harus menggunakan jasa Lembaga Keuangan Syariah dalam sistem pembayaran. Semua pelayanan yang laki-laki pakai peci, sedangkan perempuan memakai kerudung. Wah, sangat unik dan kental dengan syariat agama Islam, ya.

5. Mematuhi Aturan sesuai Prinsip Syariah

Pihak yang harus mengikuti aturan prinsip syariah tidak hanya pihak hotel saja, melainkan penginap juga mesti mematuhinya. Antara lain penginap tidak boleh membawa pasangan yang bukan muhrim menginap satu kamar bersama, memberi akses pornografi, atau membawa makanan dan minuman haram.

5 Hal Penting Menginap di Hotel Syariah
5 Hal Penting Menginap di Hotel Syariah

Menginap di hotel dengan konsep syariah akan membuat kamu merasa lebih tenang, nyaman, dan damai. Sebab semua kebutuhan beribadah untuk urusan akhirat bisa kamu akses dengan jauh lebih mudah.

Akomodasi hotel menjadi salah satu tempat penginapan favorit ketika liburan dan bepergian. Namun selain hotel, masih ada banyak akomodasi penginapan yang lain bisa kamu pilih. Guest house, kamar kost, losmen, glamping, maupun villa merupakan pilihan lainnya.

Referensi kost eksklusif maupun villa yang nyaman dengan harga terjangkau bisa kamu lihat di Dzawani. Kabar baiknya, kamu bisa menghubungi admin untuk melakukan booking atau bertanya apakah ada tempat kosong dulu.

Itulah beberapa hal penting sebelum memutuskan menginap di hotel syariah. Pada intinya, penyewa kamar harus mematuhi semua aturan yang berpedoman pada prinsip syariah. Semoga membantu!

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani