Cara Mengasuh Anak yang Tepat Berdasarkan Umurnya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Cara mengasuh anak baik itu umur 1 tahun, 2 tahun, atau 3 tahun di atasnya ternyata mempunyai sedikit perbedaan. Mendidik anak menjadi hal yang sangat penting kita lakukan sebagai orang tuanya. Terlebih saat anak kita tersebut masih berusia belia, kita wajib menanamkan hal-hal baik dan positif sebagai fondasi di awal.

Tumbuh dan kembang anak sedikit banyak dipengaruhi oleh sistem pendidikan orang tua maupun lingkungan di sekitarnya. Anak banyak belajar dari mendengar, melihat, dan menyentuh sesuatu. Oleh sebab itulah, pada dasarnya kita harus mengeluarkan suara-suara/ucapan positif dan baik. Memperlihatkan kepada anak sesuatu yang bagus serta informatif. Tidak lupa menjaga anak supaya tidak melakukan hal-hal yang membahayakan.

Cara Mengasuh Anak 1 Tahun

Mengasuh anak usia batita, misalnya 1 tahun ini membutuhkan ketelatenan yang lebih. Tumbuh kembang anak 1 tahun sudah cukup pesat, namun ia belum banyak mengenal hal-hal yang baik dan buruk, aman maupun bahaya. Peran orang tua pada anak usia ini adalah sebagai pengawas, kamu dapat mulai dengan beberapa hal berikut ini.

1. Mulai kenalkan berbagai hal yang ada di sekitar buah hati kamu. Biarkan anak melihat, mendengar, maupun menyentuh barang tersebut. Lingkungan sekitar yang baik dan aman akan membuat anak cerdas di kemudian hari.

2. Tunjukkan dengan ucapan yang lembut tentang barang yang aman dan berbahaya. Tindakan yang boleh dan tidak boleh anak lakukan, dan sebagainya.

3. Cobalah untuk berkomunikasi yang baik dengan buah hati. Contohnya, kamu membacakan buku dongeng, menceritakan tentang kisah inspiratif yang mengandung amanah baik. Lalu, ajak anak ngobrol tentang buku tersebut, hal ini akan membuat anak lebih komunikatif dan sosial.

Cara Mengasuh Anak 2 Tahun

Menginjak usia 2 tahun, kamu sebaiknya sudah mulai memberi contoh pada tindakan yang positif. Anak akan segera meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya. Terlebih adalah orang yang dekat dengannya, seperti orang tua. Jadi fokus pendidikan anak di usia 2 tahun adalah memberi contoh perbuatan positif.

Ingatkan kembali tentang apa yang boleh dan tidak boleh anak lakukan. Sambil melatih anak mengenal huruf dan angka, ada banyak sekali permainan pendidikan untuk anak, sehingga anak akan lebih cepat belajar. Satu hal yang terpenting pada usia ini adalah jangan membohongi anak kalian.

Cara Mengasuh Anak yang Tepat Berdasarkan Umurnya
Pexels.com

Cara Mengasuh Anak 3 Tahun ke Atas

Masa kanak-kanak yang aktif mulai pada usia 3 tahun dan atasnya. Oleh sebab itulah, berbekal pelajaran moral pada tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa membiarkan anak bermain. Pada usia ini pula kamu wajib bersikap tegas, yaitu berkaitan dengan kejelasan mana yang boleh dan tidak boleh anak lakukan. Tegas di sini bukan berarti keras, melainkan lebih mengarah pada prinsip yang kuat tentang kebaikan.

Melihat fenomena sekarang, tentu setiap orang tua tidak menginginkan anaknya menjadi manja. Ketegasan membawa pengaruh besar pada sektor kepribadian ini. Tanamkan pada anak bahwa semua hal membutuhkan proses, jadi anak akan berjuang lebih dulu sebelum mendapatkan sesuatu.

Usia 3 tahun sebenarnya tidak wajib sekolah, pada fase ini anak lebih baik mengenal sosok orang tuanya dengan intensif. Bangun kedekatan yang positif antara anak dengan orang tua. Itulah beberapa cara mengasuh anak 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun yang mempunyai perlakuan berbeda pada setiap usia.

Dapatkan pengalaman menginap di tempat tinggal mewah ramah hanya di Dzawani. Temukan kami di sosial media Instagram, Youtube, Tiktok, Website.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani