Bagaimana Menjaga Keamanan Kos untuk Perempuan yang Efektif?

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Menjaga keamanan kos bagi perempuan tentu merupakan hal yang sangat penting. Dalam menjaga lingkungan kos agar senantiasa aman, sebenarnya bisa dilakukan oleh 2 pihak sekaligus. Pertama, yang melakukan adalah pemilik indekos itu sendiri. Kedua, mendapat dukungan dari para penyewa agar tercipta lingkungan yang kondusif.

Jika pada kos laki-laki, biasanya penjagaannya lebih dominan dari penyewa itu sendiri. Lain cerita kalau yang ngekos merupakan perempuan, otomatis membutuhkan dukungan dari pemilik kos. Pada kesempatan kali ini, Blog Dzawani akan memberikan beberapa tips agar tercipta lingkungan kos yang aman.

Bagaimana Menjaga Keamanan Kos untuk Perempuan yang Efektif
Bagaimana Menjaga Keamanan Kos untuk Perempuan yang Efektif

Menjaga Keamanan Kos Oleh Pemilik

Kost putri agar aman, pemilik indekos terutama kos standar bisa melakukan beberapa optimasi sebagai berikut.

1. Menyewa Satpam yang Berjaga di Lingkungan Kos

Satpam yang bertugas di depan dan berkeliling pada jadwal tertentu. Sehingga semua yang ada di lingkungan kos menjadi kondusif. Dengan menambah tenaga yang bertugas di lingkungan kos, pemilik bisa kalkulasi berapa biaya per kamar.

2. Menambah Pengawasan Realtime dengan CCTV

Jika ada yang tidak dilihat oleh satpam, akan terekam di CCTV. Letakkan CCTV di tempat umum yang strategis, seperti depan pintu gerbang dan lorong kos. Jadi, kalau ternyata ada kejadian tak terduga, misalnya kehilangan barang berharga. Anda memberi bukti rekaman CCTV sebelum menuduh orang.

3. Memasang Pagar dengan Aturan untuk Keamanan

Pagar yang melingkari lingkungan kos ternyata juga menambah keamanan. Setidaknya, pagar tersebut juga punya sistem keamanan sendiri, seperti listrik atau beling/kaca. Ditambah dengan kamera CCTV di pagar akan lebih aman.

4. Memberi Arahan untuk Segera Menghubungi Jika Melihat Sesuatu Mencurigakan

Beri arahan untuk para penghuni kamar kos, jika melihat sesuatu yang mencurigakan agar langsung menghubungi petugas. Biar petugas yang mengecek segera ke tempat lokasi.

5. Ikut Menjaga secara Langsung

Peran pemilik ternyata juga sangat penting dalam menjaga keamanan kos. Lakukan kontrol secara rutin, termasuk menegur jika ada penyewa yang melanggar aturan.

Menjaga Keamanan Kos Oleh Penyewa

Sedangkan untuk Anda para penyewa kos standar, beberapa langkah preventif yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut.

1. Selalu Kunci Pintu Kos

Hal pertama adalah selalu mengunci pintu kos, baik ketika keluar maupun berada di dalam. Jika ada orang yang mengetuk pintu, langsung jawab namun jangan langsung membukanya.

2. Menutup Rapat-Rapat Jendela

Berikutnya agar menutup jendela, gorden, dan celah pintu. Tujuannya supaya orang asing di luar tidak bisa mengintip bagian dalam. Letakkan barang berharga Anda di tempat yang tertutup atau tersembunyi. Kalau ada yang mengintip ternyata kosong dan melihat barang berharga Anda, bisa saja niat buruk muncul.

3. Tidak Membiarkan Celah di Bagian Dalam

Selain dari bagian luar, menutup celah di bagian dalam bagi perempuan sangat penting sekali. Jangan sampai tersebar video ketika Anda sedang berada di kamar mandi. Pastikan setiap bagian tertutup dan tidak ada yang berlubang.

Kalau misalnya ada lubang, Anda bisa meminta ganti kamar kepada pemilik kos. Ganti kamar jauh lebih baik daripada harus ambil risiko yang sangat buruk.

Menjaga keamanan kos membutuhkan kerja sama antara pemilik dan penyewa. Untuk keamanan yang sudah terjamin, para ladies bisa menyewa kost eksklusif Dzawani. Kami sudah memberi optimasi keamanan 24 jam nonstop.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani