Asrama atau Kos? Inilah Perbedaan untuk Anak Kuliahan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Ada banyak serba-serbi memilih asrama atau kos untuk kuliah. Kedua penginapan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya, pada kesempatan kali ini Dzawani Blog akan menjabarkan untuk kamu. Calon mahasiswa yang mau ngekos tidak jarang dipusingkan juga dengan menginap di mana.

Untuk opsi yang paling dekat memilih penginapan untuk mahasiswa ada kontrakan, kos-kosan, dan asrama. Di mana kontrakan kamu akan menyewa 1 rumah khusus untuk ditempati secara beramai-ramai. Sedangkan antara kos-kosan dan asrama, ini hampir sama namun berbeda, simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Asrama dan Kos yang Paling Menonjol

Untuk melihat perbedaan antara asrama atau kampus, bisa berdasarkan kategorinya. Namun sebagai catatan di awal, umumnya bangunan asrama adalah miliki kampus. Yang mana ini memberi beberapa benefit untuk kamu yang tinggal di dalamnya.

Sayangnya, beberapa asrama memberlakukan menginap hanya di tahun pertama. Untuk tahun berikutnya, penghuninya harus keluar agar diganti oleh penghuni (mahasiswa baru) berikutnya.

1. Jumlah Penghuni

Singkatnya, kos lebih tenang (tidak ramai) daripada asrama. Sebab, asrama punya jumlah penghuni yang sangat banyak, 1 kamar bisa 2 sampai 4 orang tergantung kebijakan kampus.

2. Aturan

Setiap penginapan punya aturan tersendiri, namun umumnya aturan di asrama lebih ketat. Walaupun di kos juga memiliki aturan, tetapi aturan yang berlaku untuk penghuninya lebih longgar.

3. Harga

Kabar baiknya, seringkali asrama itu gratis, sedangkan kos-kosan pasti bayar (per bulan atau per semester). Tetapi perlu kamu cek informasi tentang asrama itu lebih jauh, apakah bisa menginap sampai lulus atau hanya berlaku selama tahun pertama saja?

4. Lokasi

Tentunya, asrama punya lokasi yang dekat banget dengan kampus. Sedangkan kos yang lokasinya dekat tentu saja ada, namun harganya pasti jauh lebih mahal daripada kos yang lokasinya lebih jauh dari kampus.

5. Fasilitas

Berbicara tentang fasilitas, asrama atau kos standar punya penilaian yang sama. Fasilitasnya lengkap, namun tidak selengkap kos kelas eksklusif yang benar-benar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penghuninya.

6. Privasi

Banyaknya orang di asrama, membuat kamu merasa kurang bebas untuk melakukan banyak aktivitas selain kuliah. Misalnya, kamu memiliki usaha sampingan yang membutuhkan ruang luas. Bukan tidak mungkin, namun hal ini akan sulit jika kamu terapkan di asrama.

Pilih Asrama atau kos untuk Anak Kuliahan?

Asrama atau Kos Inilah Perbedaan untuk Anak Kuliahan

Berdasarkan penjelasan perbedaan antara asrama dan kos di atas, kamu memilih yang mana? Pertimbangkan beberapa hal seperti: tujuan kamu, kesiapan finansial, kesiapan mental, sampai kebutuhan.

Jika tujuan kamu ingin kuliah cepat selesai dan memuaskan, bisa memilih asrama. Sebab, aturan-aturan di dalamnya memang membuat para penghuninya fokus hanya pada tujuan kuliah. Selain itu, asrama kalau pun membayar sewa, pasti sangat murah karena itu milik kampus sendiri.

Terlebih kalau asrama dari kampus Islam, yang mana ada aturan jam malam dan pendidikan agama khusus untuk penghuni asrama. Cocok untuk mengisi waktu sekaligus meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lain cerita jika kamu tidak suka dengan banyaknya aturan-aturan seperti yang ada di asrama. Bisa memilih kos yang dekat dengan kampus. Kabar baiknya, di kos bisa pulang kapan saja, fasilitasnya cukup memadai, dan kebebasan jelas kamu dapatkan. Hanya saja, di kos perlu bayar dengan biaya sewa yang lebih besar daripada asrama.

Agar lebih jelas lagi, kamu dapat bertanya langsung pada kerabat yang sudah pernah ngekos dan tinggal di asrama. Bukan berarti kalau lolos tinggal di asrama, boleh di sana selamanya. Umumnya ada batas maksimal kapan harus hengkang. Itulah pertimbangan pilih asrama atau kos untuk anak kuliahan, semoga membantu.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani