Apakah Ngekos Boros? Ini Jawaban dari Pengalaman Anak Kost

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pertanyaan apakah ngekos boros sering menjadi polemik sebelum memutuskan untuk memilih akomodasi penginapan satu ini. Sebenarnya, kita tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut secara langsung. Karena mengingat setiap orang punya latar belakang yang berbeda, kesejahteraan ekonomi yang berbeda, dan gaya hidup yang berbeda pula.

Banyaknya faktor pembeda antara satu orang dengan orang lainnya menjadikan apa yang dianggap boros. Mungkin bagi orang lain itu tidak boros. Gampangnya, saat kita membandingkan antara penginapan kost dengan hotel atau villa, tentu saja kost yang paling murah.

Apakah Ngekos Boros? Ternyata Begini…

Ternyata ngekos itu tidak boros, dengan catatan kamu bisa menerapkan gaya hidup hemat. Ngekos adalah penginapan yang merangkul semua orang dalam semua tingkat kesejahteraan ekonomi. Baik orang yang berpunya atau tidak, baik laki-laki atau perempuan, baik yang single atau yang sudah menikah.

Ngekos adalah pilihan terbaik kalau ingin menyewa penginapan. Ada jenis kost standar yang sangat murah, bahkan biaya sewa hanya 300 ribuan per bulan. Namun, ada juga kost eksklusif yang memiliki fasilitas lengkap dan keamanan yang terjamin di harga mulai 1 jutaan saja.

Di sisi lain, tujuan orang ngekos itu berbeda-beda, ada yang ngekos untuk kerja. Ada pula yang ngekos untuk belajar/kuliah, liburan, dan segala urusan yang lainnya. Jadi, jawaban atas pertanyaan apakah ngekos boros adalah tidak. Karena ngekos merupakan penginapan yang termurah di antara yang lainnya.

Apakah Ngekos Boros Ini Jawaban dari Pengalaman Anak kost

Bagaimana Cara Hemat Saat Ngekos?

Untuk lebih maksimal dalam mengelola keuangan, kamu tentunya bisa menerapkan gaya hidup hemat. Karena ngekos jelas akan membuat kamu mempunyai kebebasan sepenuhnya. Bebas melakukan apa saja, namun juga sepenuhnya bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan.

1. Masak Sendiri di Kost

Cara paling mudah untuk hemat ketika ngekos adalah masak sendiri. Penuhi dulu kebutuhan primer, salah satunya adalah makanan. Selain itu, seperti keinginan yang berkaitan dengan hobi tunda dulu di waktu mendatang. Kabar baiknya, kost eksklusif Dzawani menyediakan dapur umum yang sudah full furnished.

2. Mengurangi Kumpul sama Teman

Cara kedua adalah mengurangi kumpul sama teman, biasanya ajakan ngopi dan nongkrong. Bayangkan, uang yang kamu habiskan dalam satu kali ngumpul bisa untuk makan 1 minggu atau bahkan lebih. Kelak kalau sudah lama ngekos, kamu akan menyadari bahwa uang yang kamu anggap sedikit sangat berharga untuk kelangsungan hidup.

3. Menghindari Kegiatan Negatif

Hidari juga kegiatan negatif yang berkaitan dengan keuangan, apapun jenisnya. Seseorang yang ngekos dan punya kebebasan penuh, seringkali mencoba sesuatu yang merugikan. Oleh sebab itulah, walaupun bebas kamu harus tetap punya prinsip.

4. Menabung Saat Ngekos

Berikutnya sangat penting, tidak hanya ketika masa ngekos, tetapi juga penting kalau sudah keluar. Biasakan menabung, tampak remeh ya, tetapi ini sangat sulit. Menabung membutuhkan waktu, konsisten, dan telaten. Cobalah memasukkan uang dengan nominal kecil terlebih dulu, amankan uang itu sebagai dana darurat yang mungkin terjadi.

Menerapkan semua gaya hidup hemat dan tidak boros, dan tinggal di kost sudah sangat irit. Apalagi kalau kamu ngekos 1 kamar ada beberapa teman, tentunya biaya sewa kost bisa dibantu oleh mereka yang ikut tinggal.

Pada dasarnya, untuk menjawab pertanyaan apakah ngekos boros? Ternyata jawabannya tidak, asalkan kamu mampu menerapkan gaya hidup hemat di perantauan. Kebebasan hidup yang kamu punya bukan menjadi alasan untuk menjadi boros, kan?

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hubungi admin Zaza disini, survei lokasi dan dapatkan Kost Mewah Ramah di Dzawani